Wajib Coba 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Kulit Wajah yang berjerawat memang membuat bad mood. Ditambah lagi jika jerawat itu tinggalkan sisa di wajahmu. Aduh, rasa-rasanya si sisa jerawat ini bener-bener ganggu serta membuat kesel. Tetapi, tenang dahulu, Girls! Obatjerawat.id miliki panduan langkah menjaga Kulit Wajah supaya terhidar dari jerawat serta panduan untuk menghilangkan sisa jewaratmu yang membandel. Yuk, langsung baca!

Jerawat Adalah Masalah Kulit yang Menyebalkan, Apalagi jika Berbekas

Memiliki masalah kulit yang satu ini memang menyebalkan. Tidak hanya pada saat jerawat muncul, tapi juga noda hitam yang ditinggalkannya. Noda hitam tersebut pastinya akan sangat mengganggu penampilanmu. Wajah jadi terlihat kotor dan kusam yang membuat kamu semakin tidak percaya diri.

Munculnya jerawat memang tidak hanya karena kurang menjaga kebersihan, faktor hormon juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Saat jerawat muncul, kamu tidak perlu memegang atau memencetnya karena hal itu malah akan memperparah kondisi jerawatmu, bisa radang sampai luka serius.

Selain itu, si jerawat akan meninggalkan bekas, yakni noda hitam. Namun, sebenarnya menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan cara alami dan cepat. Hanya saja, tips untuk merawat wajah memang membutuhkan kesabaran, terlebih jika menggunakan bahan dari alam.

Hal pertama yang wajib banget kamu lakukan adalah mengoleskan You Need Me. Acne Care Gel mengurangi kelebihan minyak pada wajah saat malam hari. Sehingga pada pagi hari jerawat akan mengelupas dengan sendirinya.

Dirancang untuk membantu menyeimbangkan tingkat sebum pada kulit berminyak dan kulit yang cenderung berjerawat, You Need Me Acne Care Gel ini membantu menenangkan dan membersihkan kulit dari masalah jerawat. Gel dengan formula yang lembut, ringan, dan mengandung bahan aktif yang efektif merawat kulit berjerawat.

Proses Penyembuhan Jerawat :

1) Hari ke-1
Melawan bakteri penyebab jerawat
2) Hari ke-3
Mengurangi peradangan dan bekas jerawat
3) Hari ke-5
Mempercepat perbaikan sel kulit yang rusak akibat jerawat

Manfaat acne care gel :

-Mengeringkan jerawat dengan cepat
-Mempercepat sikluk matang jerawat
-Mampu menghilangkan bekas jerawat batu
-Mengempeskan jerawat batu
-Mengurangi timbulnya jerawat

 

Lakukan Perawatan secara Rutin untuk Mengatasi Masalah Jerawat pada Wajah

Tidak hanya kotoran yang menyumbat pori-pori wajah, jerawat juga bisa muncul dari kulit wajah yang cenderung berminyak. Untuk itu, diperlukan banyak perawatan agar kulit wajahmu senantiasa bersih dan pH kulit muka seimbang.

Tidak jarang pula bekas jerawat justru lebih susah diatasi dibandingkan jerawat itu sendiri. Beberapa jerawat dapat menimbulkan bekas berupa bopeng pada wajah. Jika kamu mengalami masalah kulit satu ini, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Artinya, kamu perlu kesabaran ekstra untuk mengembalikan ke kondisi semula.

Obatjerawat.id sudah menyiapkan langkah apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegah datangnya jerawat. Simak ya tips lengkapnya!

5 Tips Mudah Merawat Wajah agar Tidak Berjerawat

1. Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih secara rutin, setidaknya 1,5 liter sehari merupakan langkah bagus untuk mencegah jerawat muncul di kulit muka. Air putih berfungsi sebagai detoksifikasi zat-zat beracun dalam tubuh. Mengonsumsi air putih secara cukup akan membantu tubuhmu untuk mengeluarkan racun-racun tersebut.

Dengan begitu, tubuhmu akan terhindar dari efek darah kotor yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Air putih juga berfungsi sebagai pelembap alami tubuh. Itu sebabnya, jika cukup mengonsumsi air putih, kulit tidak terasa kering dan keriput. Kamu juga akan merasakan efek lainnya, yakni kulit menjadi lebih cerah dan terhindar dari iritasi.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat

Tahukah kamu makanan yang kamu konsumsi sangatlah berpengaruh pada kulit? Makanan tidak sehat seperti makanan berminyak, bersantan, pedas, dan junk-food, akan memperbesar kemungkinan munculnya jerawat.

Demi membuat wajahmu terlihat tetap cerah dan terbebas dari jerawat, kamu haruslah rajin mengonsumsi buah-buahan. Banyak kandungan mineral dan vitamin dalam buah-buahan yang dapat menutrisi kulitmu dan membuatnya terlihat sehat.

Masukkan banyak makanan sehat, seperti sayur-mayur, biji-bijian, dan ikan serta makanan-makanan yang mengandung serat dan protein tinggi, ke dalam menu dietmu. Hindari minuman bersoda yang justru akan membuat kulitmu cepat keriput.

3. Cuci Wajah secara Rutin

Beraktivitas seharian di luar ruangan akan membuat wajah terkena debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menumpuk akan merangsang timbulnya jerawat. Sebab, kotoran tersebut akan menutup pori-pori wajah. Mencuci wajah secara rutin, minimal dua kali sehari, akan sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat.

Tidak hanya setelah beraktivitas, kamu harus mencuci wajahmu dengan bersih setelah penggunaan make up, terutama make up dengan foundation tebal. Kamu dapat menggunakan krim pembersih yang dilanjutkan dengan penyegar. Jika dirasa masih kurang, kamu bisa melanjutkan membasuh muka dengan facial foam.

4. Gunakan Tabir Surya

Sinar UVA dan UVB matahari sangatlah berbahaya, sebab kulitmu bisa mengalami hiperpigmentasi, yang nantinya akan memicu peradangan jerawat berwarna hitam. Selain itu, jerawat tersebut rentan meninggalkan bekas berwarna hitam dan sulit hilang.

Menggunakan tabir surya, terutama sebelum beraktivitas, akan melindungi kulitmu dari bahaya sengatan sinar UVA dan UVB matahari. Setelah tabir surya, ada baiknya kamu melanjutkan dengan menggunakan pelembap agar kadar air pada kulitmu selalu terjaga. Penggunaan pelembap yang tepat akan membuat wajahmu terasa nyaman dan kenyal.

5. Pakailah Kosmetik yang Sesuai

Memakai kosmetik sudah menjadi hal yang lumrah untuk wanita dan tidak ada yang salah dengan itu. Namun, yang perlu diperhatikan adalah apakah kosmetik tersebut sesuai dengan jenis kulit. Salah-salah menggunakan kosmetik justru akan membuat kulitmu berjerawat.

Mengapa? Kosmetik yang tidak sesuai dengan kulitmu akan menutup pori-pori kulit sehingga tidak bisa bernapas, terlebih jika kulitmu cenderung berminyak. Pilih jenis kosmetik yang ringan untuk sehari-hari dan mengandung banyak pelembap. Kini, sudah banyak tersedia lho pelembap yang sudah dilengkapi dengan tabir surya.

Penggunaan kosmetik yang berlebihan akan merusak kulit, sebab kosmetik pada dasarnya merupakan bahan kimia. Terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif dan cenderung berjerawat. Teliti sebelum membeli adalah langkah pertama yang wajib kamu lakukan ya, ladies. Langkah kedua, simak tips-tips dari Obatjerawat.id berikut, agar kamu dapat melakukan perawatan kulit secara benar dan maksimal.

Bila Wajah Kamu Sudah Berjerawat, Ikutilah 10 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Ini!

1. Es Batu

Selain melepas dahaga, bahan penting untuk bikin minuman segar ini punya manfaat penting buat kulit lho. Bukan hanya mitos, es batu memang berkhasiat untuk mengatasi peradangan akibat jerawat pada kulitmu. Dengan es batu, proses menghilangkan bekas jerawat maupun penyembuhannya akan menjadi lebih cepat.

Selain itu, es batu juga dipercaya dapat membuat wajahmu terlihat lebih mulus karena pori-porimu akan mengecil. Alhasil, ini akan membuat kulitmu terlihat lebih sehat dan muda. Sifatnya yang dingin juga akan memberimu rasa tenang di kulit. Hmmm, kebayang kan nyamannya?

Ada beberapa cara mengaplikasikan es batu pada kulitmu, seperti dengan cara mengompres. Siapkan es batu berukuran kotak kecil-kecil yang biasa ada di kulkasmu. Bungkus dengan saputangan atau kain khusus kompres. Lalu tempelkan pada kulit yang berjerawat dan usap dengan lembut. Lakukan langkah tersebut selama 15 sampai 20 menit. Kamu bisa mengulanginya sampai jerawatmu benar-benar sembuh.

Cara lainnya dengan mencampur es batu dan teh. Seduh teh dan biarkan selama 24 jam. Selanjutnya, tambahkan es batu secukupnya dan diamkan sebentar sampai suhunya dingin. Gunakan air teh tersebut untuk menyeka muka. Kamu bisa menggunakan saputangan atau handuk khusus, ya. Lakukan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Teh kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah efek radikal bebas penyebab jerawat dan minyak.

Atau campurkan es batu dan jeruk nipis dengan cara memeras jeruk nipis untuk mendapat airnya. Campurkan dengan es batu secukupnya dan diamkan beberapa saat sampai es batu sedikit mencair. Gunakan air tersebut untuk masker wajah seperti biasa. Setelah masker mengering, bilas dengan air biasa. Sama seperti teh, jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan, plus vitamin C yang sangat bagus untuk kulit.

2. Pepaya

Buah murah meriah yang satu ini sangat mudah dijumpai. Pepaya banyak dijual di pasar tradisional, pinggir jalanan, sampai supermarket.

Terlebih, kandungan yang terdapat di dalamnya begitu melimpah, seperti karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, posfor dan zinc yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam tubuh, serta tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Tidak hanya untuk tubuh, pepaya juga kaya akan manfaat untuk kulit wajahmu, salah satunya adalah menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker, dengan langkah seperti ini: Haluskan buah pepaya yang sudah dikupas dan dihilangkan bijinya. Oleskan pada wajah yang dalam keadaan bersih. Lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah kering, bilas dengan air dingin. Lakukan ini hinggal 2 kali seminggu ya, ladies, agar kulitmu kelihatan lebih cerah dan glowing. Kamu juga bisa mencampurkan adonan masker ini dengan bahan lain, seperti madu dan susu, yang memiliki manfaat untuk melembutkan kulit wajah.

3. Bengkuang

Buah terjangkau ini ternyata memiliki segudang manfaat, lho. Bengkuang memiliki kandungan antiseptik yang dapat menyembuhkan gatal. Sebagai bahan untuk perawatan wajah dan kulit, bengkuang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah karena didalamnya terdapat vitamin B1 dan vitamin C, pachyrhizon, dan rotenon.

Tak heran jika di pasaran banyak kosmetik yang mengandung umbi kaya manfaat ini. Selain itu, bengkuang juga dipercaya dapat mencerahkan serta memutihkan wajah secara alami. Agar kamu bisa mendapat manfaat dari bengkuang secara maksimal, juga menghilangkan bekas jerawat, lakukan langkah berikut ini:

Kupas satu buah bengkuang berukuran besar dan cuci hingga bersih. Parut sampai halus, kamu juga bisa menggunakan blender yang tentunya tanpa ditambahkan air ya, sebab bengkuang memiliki kandungan air cukup tinggi. Peras bengkuang halus dalam wadah bersih dan buang ampasnya. Endapkan air tersebut semalaman untuk mendapatkan sari patinya. Buang air dan sisakan sati pati yang sudah mengendap di bawahnya. Gunakan untuk masker. Mudah, bukan?

4. Jagung

Jagung sangat mudah dijumpai. Karena kandungannya yang kaya akan vitamin C, vitamin A, tiamin, niacin, mineral dan antioksidan yang tinggi, jagung muda dipercaya bisa membantu mengurangi bekas luka seperti cacar dan juga jerawat. Vitamin A dan C mampu membuat kulitmu lebih halus dan tampak bersih.

Selain itu, buah satu ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat menghilangkan bekas jerawat. Selain murah, cara penggunaannya pun juga cukup mudah. Simak, ya!

Ambil satu buah jagung muda, kemudian cuci hingga bersih. Parut jagung tersebut, kemudian haluskan dengan blender. Jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan cobek, lho. Selanjutnya, adonan masker tersebut bisa langsung kamu aplikasikan pada wajah.

Masker ini sangat dianjurkan untuk digunakan pada malam hari, terutama jika kamu ingin concern melakukan perawatan kulit. Namun, jika kamu merasa risi menggunakannya saat tidur, kamu juga bisa memakainya dua jam sebelum tidur. Setelah mengering, bilas dengan air. Kulit kamu akan terasa kenyal dan lembut. Untuk hasil terbaik, kamu juga bisa menambahkan madu pada adonan masker tersebut.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang banyak dikenal sebagai aloe vera merupakan salah satu tumbuhan tertua yang berfungsi untuk melawan bakteri jerawat. Aloe vera memang memiliki banyak manfaat, seperti anti-bakteri, anti-peradangan, astringent, pereda rasa sakit dan agen koagulasi, mengurangi bekas luka, serta merangsang pertumbuhan sel yang membantu untuk mengobati jerawat secara efektif dan alami.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya juga memiliki berbagai mineral dan vitamin yang diperlukan untuk pembentukan imun tubuh. Bagian dari lidah buaya yang biasanya dimanfaatkan adalah daunnya yang tebal dan mengandung banyak cairan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara efektif, Obatjerawat.id sudah menyiapkan langkahnya, baik penggunaan dari dalam maupun dari luar.

Pertama, kamu bisa mengambil manfaat dari lidah buaya dengan menjadikannya masker wajah. Caranya, siapkan daun lidah buaya secukupnya. Kupas daun tersebut dan potong-potong. Kemudian, haluskan potongan tersebut dengan menggunakan blender sampai lembut. Setelah semua bagian halus sempurna, masukkan ke panci dan didihkan hingga tekstur lidah buaya tersebut berubah menjadi gel.

Kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah setelah dingin. Caranya pun mudah, cuci bersih wajahmu terlebih dahulu, lalu oleskan masker gel tersebut ke wajah secara merata. Biarkan sampai kering dan bilas dengan air hangat.

Kedua, mengambil manfaat lidah buaya dengan memakannya. Sebab, lidah buaya diyakini mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Kamu dapat menjadikan tanaman satu ini sebagai jus untuk minuman sehari-hari. Caranya, siapkan lidah buaya, kupas, dan cuci hingga bersih.

Potong-potong lidah buaya tersebut dan rebus hingga kira-kira matang. Setelah dingin, haluskan lidah buaya tersebut dengan blender. Kamu bisa menambahkan air dan gula sesuai selera. Tanpa gula juga oke, lho. Jika kamu mengonsumsinya secara teratur, tentu kamu akan mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

6. Mentimun

Buah yang termasuk kategori sayuran ini sering kita kenali sebagai lalapan untuk teman makan sambal. Rupanya, tidak hanya sebagai bahan masakan, mentimun memiliki kandungan luar biasa yang berfungsi untuk perawatan kulit wajah.

Berbagai produk skincare banyak yang menggunakan buah ini sebagai bahan dasar perawatan mereka. Tidak salah lagi jika kita perlu menjadikan mentimun sebagai menu wajib dalam urutan perawatan wajah.

Mentimun memiliki segudang manfaat yang tidak bisa diremehkan, seperti membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya, menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih di wajah. Selain itu, mentimun kaya akan vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan hasil perawatan kulit yang maksimal, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini: siapkan satu buah mentimun dan cuci hingga bersih. Pastikan mentimun tersebut bebas dari pestisida ya. Lalu, iris tipis-tipis timun tersebut, namun jangan terlalu tipis ya agar mudah dalam pengaplikasian. Gosokkan irisan demi irisan ke wajah secara merata. Ulangi pada bagian yang berjerawat. Diamkan hingga kering. Gunakan air dingin untuk membilasnya. Mudah sekali, bukan?

7. Bawang Putih

Bumbu dapur utama satu ini rupanya juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi lho! Selain itu, bumbu ini juga sangat mudah kita dapatkan. Jadi, jika kamu ingin memanfaatkannya untuk perawatan kulit setiap hari pun tidaklah sulit.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, antioksidan berfungsi sebagai anti-bakteri, bawang putih akan membantu jerawat lebih cepat kering dibandingkan tanpa perawatan apa pun. Berikut langkah yang dapat kamu praktikkan untuk menghilangkan bekas jerawat:

Kupas 2-4 siung bawang putih. Cuci bersih bawang tersebut dan haluskan, lalu campur dengan air.
Setelah itu, oleskan pada wajah secara tipis dan merata, terutama pada bagian wajah berjerawat. Saat penggunaan, hindari daerah sekitar mata karena bawang putih memberikan efek panas dan pedih. Tunggu hinggal kering (10-30 menit). Lalu bilas dengan air hingga bersih. Jika kamu merasakan panas tak tertahankan, segera bilas, ya.

8. Cuka Sari Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar banyak dikenal sebagai obat untuk penyakit jantung, darah tinggi, kanker, dan kolesterol. Bahkan, obat satu ini juga dipercaya untuk menyembuhkan flu. Semakin banyaknya penelitian, rupanya cuka apel sangat bermanfaat sebagai bahan dasar untuk perawatan kulit, yakni menghilangkan bekas jerawat. Sistem kerja cuka apel ini adalah mengikis kulit luar (kulit mati), sehingga membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa praktikkan dengan cara mencampurkan air dan cuka apel dengan perbandingan 1:1. Ambil kapas dan celupkan pada campuran tersebut. Oleskan kapas pada bagian wajah yang berjerawat lalu diamkan hingga kering atau lebih lama agar jerawat lebih cepat mengering. Basuh muka dengan air bersih.

Dosis penggunaan cuka apel ini perlu dibatasi, ya, ladies. Sehari sebanyak satu kali sudah cukup kok untuk membuat jerawat lenyap dari wajah.

9. Lemon

Buah yang biasanya dicampur teh ini, rupanya, juga memiliki kandungan luar biasa lho untuk perawatan kulit wanita. Sudah banyak dikenal pula bahwa buah satu ini kaya akan vitamin C dan asam yang tinggi sehingga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa mengambil manfaat dari lemon ini dengan mengambil airnya.

Ambil satu lemon berukuran sedang, lalu potong menjadi dua bagian. Peras satu bagian dan tempatkan dalam wadah bersih. Ambil kapas dan celupkan ke dalam air lemon. Gunakan kapas basah tersebut untuk mengompres bagian wajah yang berjerawat atau untuk menghilangkan noda jerawat. Diamkan selama 15 menit. Jika sudah kering, bilas hingga bersih. Lakukan cara ini setiap hari.

Untuk menggandakan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan air lemon tersebut dengan bahan-bahan lain, seperti madu, baking soda, kunyit, putih telur, es batu, tomat, atau kentang. Pilih mana bahan yang menurutmu mudah didapatkan di sekitar.

Untuk bahan-bahan keras, seperti kentang dan kunyit, kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu, lalu dicampurkan. Kamu bisa modifikasi sampai campuran tersebut berbentuk pasta atau gel sehingga bisa kamu gunakan sebagai masker. Kreatif dan cantik, bukan?

10. Kulit Jeruk

Tak ketinggalan, kulit jeruk pun rupanya mengandung vitamin yang sangat bagus untuk perawatan kulit. Di dalam kulit jeruk (kulit jeruk nipis, kulit lemon, dan kulit jenis jeruk lainnya) mengandung vitamin C dan asam alfa hidroksi yang berguna untuk menghilangkan pori-pori hitam akibat komedo batu dan kotoran.

Kulit jeruk juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, secara otomatis akan cepat menghilangkan bekas jerawat di wajahmu. Perawatan kulit dengan bahan satu ini memang tergolong belum familiar. Namun, jangan khawatir, kamu bisa ikuti step berikut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Keringkan kulit jeruk dengan sinar matahari hingga kering. Disarankan untuk mengeringkan dengan cara alami, tidak menggunakan pemanas atau oven. Setelah benar-benar kering, tumbuk hingga menjadi bubuk. Selanjutnya, tambahkan sedikit air pada bubuk tersebut untuk mendapatkan tekstur krim.

Oleskan pada seluruh wajah, dan diamkan hingga beberapa saat. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Mudah, bukan? Kamu bisa menggunakan masker ini beberapa kali dalam seminggu sampai bekas jerawatmu hilang.

Yuk, Coba Perawatan cara menghilangkan bekas jerawat alami ini secara Rutin!

Perawatan untuk menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah secara alami memang membutuhkan waktu dan rutin dilakukan. Tidak bisa dalam satu atau dua kali percobaan langsung hilang. Namun, kelebihan dari perawatan secara alami ini adalah wajahmu bebas dari paparan bahan kimia dan tentunya semakin sehat, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *