Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Cara Menghilangkan Komedo – Komedo hitam atau blackheads merupakan benjolan kecil berwarna hitam, yang tekstirnya kasar dan muncul pada area hidung. Komedo hitam biasanya muncul akibat tersumbatnya folikel rambut, yang tersumbat oleh kotoran, minyak dan juga kulit mati.

Minyak atau yang biasanya disebut sebum, bisa menjaga kulit tetap lembab. Produksi minyak yang berlebih akan menumpuk pada pori-pori. Pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan benjolan. Jika benjolan tidak ditutupi kulit, maka benjolan ini disebut dengan blackhead atau komedo hitam.

Komeda hitam juga merupakan cikal bakal munculnya jerawat. Sehingga harus segera dihilangkan, sebelum berubah menjadi jerawat. Komedo hitam ini berwarna hitam, karena teroksidasi oleh paparan sinar matahari. Berikut cara menghilangkan komedo hitam menurut Fimela:

Cuci Wajah yang Teratur

Cucilah wajah dua kali sehari, dilakukan pada pagi hari dan malam hari. Hal ini dilakukan untuk mengangkat minyak dan menghilangkan kotoran diwajah. Mencuci wajah tidak boleh dilakukan terlalu sering. Karena kalau dilakukan terlalu sering akan membuat kondisi kulit iritasi, dan menimbulkan masalah kulit yang lainnya.

Gunakanlah pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk menghilangkan komedo, gunakan pencuci wajah yang mengandung antibakteri.

Pencuci wajah yang mengandung antibakteri, bisa mmebantu membunuh bakteri yang ada pada pori-pori, agar tidak menimbulkan jerawat.

Pemesanana dan konsultasi 081234833990

Layanan pembayaran ditempat (COD) klik disini

Mengeksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit adalah proses mengangkat sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan cara mekanis dan kimiawi. Eksfoliasi kulit secara mekanis bisa dilakukan dengan spons pencuci wajah, atau menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan eksfoliasi dengan cara kimiawi adalah melakukan eksfoliasi dengan bahan yang mengandung asam alfa, dan menggunakan bahan beta hidroksi. Kedua bahan ini bisa melarutkan sel kulit mati dengan cara lembut.

Eksfoliasi kulit dengan cara mekanis ataupun kimiawi bisa membantu mencegah penumpukan sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk bisa menyumbat pori-pori, kemudian menyebabkan terjadinya komedo hitam.

Jika sedang memiliki jerawat dan ingin melakukan eksfoliasi, gunakanlah produk eksfoliasi yang berbahan kimia daripada scrub. Sahabat fimela bisa menggunakan toner dengan bahan AHA dan BHAScrub yang memiliki tekstur kasar bisa membuat jerawat pecah, kemudian menyebar dan membuat peradangan jerawat yang lebih parah pada kulit.

Jangan Memencet Komedo

Komedo hitam memiliki tekstur yang kasar, dan menonjol di hidung. Terkadang komedo bisa membuat hidung menjadi gatal. Seseorang yang memiliki komedo biasanya akan sering menggaruk hidung, dan berusaha memencet komedo, agar komedo bisa keluar dari pori-pori hidung.

Memencet komedo hitam tidak akan membuat masalah kulit hilang. Memencet komedo akan membuat kulit menjadi terluka dan iritasi.

Melakukan Perawatan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan menggunakan alat khusus untuk memperbarui kulit. Biasanya perawatan kulit dengan mikrodermabrasi hanya boleh dilakukan oleh dokter. Mikrodermabrasi dilakukan menggunakan alat yang memiliki permukaan kasar. Alat tersebut digunakan untuk mengikis kulit. Sehingga komedo hilang akan hilang.

Mikrodermabrasi juga dilakukan dengan menyemprotkan partikel aluminium oksida atau natrium bikarbonat, yang dilakukan dengan alat seperti vakum. Teknik ini dilakukan untuk menyedot komedo hitam yang ada pada kulit.

Perawatan mikrodermabrasi biasanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Perawatan ini akan memberikan efek kemerahan pada hidung, namun akan menghilang dalam beberapa jam kemudian.

Chemical Peeling

Chemical peeling adalah metode perawatan yang boleh dilakukan oleh dokter kulit. Chemical peeling dilakukan dengan mengoleskan cairan kimia ke kulit wajah. Cairan kimia yang dioleskan ke wajah akan dibiarkan mongering beberapa menit, agar meresap ke pori-pori kulit terdalam. Setelah itu kulit akan mengelupas dan jadi lebih halus.

Chemical peeling bisa membantu mengangkat sumbatan pada pori-pori, dan membantu mengangkat sel kulit mati, yang menyebabkan timbulnya komedo hitam.

Chemical peeling juga memiliki fungsi untuk menyembuhkan jerawat, dan juga meratakan warna kulit pada wajah.

Gunakan Produk Bebas Minyak dan Non Comedogenic

Untuk mencegah timbulnya komedo hitam pada kulit, bagi Sahabat Fimela yang suka menggunakan makeup, gunakanlah produk yang memiliki kandungan bebas minyak dan non comedogenic. Produk yang mengandung minyak, akan membuat produksi minyak di kulit menjadi berlebihan. Dan akan membuat pori-pori tersumbat.

Produk makeup yang memiliki kandungan non comedogenic, juga membantu mengontrol produksi minyak di wajah, agar tidak menyumbat pori-pori.

Pemesanana dan konsultasi 081234833990

Layanan pembayaran ditempat (COD) klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *