10 Cara menghilangkan jerawat batu yang membandel

Menghilangkan jerawat – Jerawat batu adalah jerawat yang umumnya disebabkan oleh hormon, sehinngga biasanya letaknya lebih dalam dibandingkan dengan jerawat biasa. Makanya, jarang langsung muncul mata atau nanah yang menandakan jerawatnya matang. Untuk itu, hindari memencet dan mengoreknya karena pasti lebih sulit dan malah akan menyebabkannya semakin meradang dan lukanya mendalam. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba 10 cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan aman berikut ini.

Ini cara menghilangkan jerawat batu yang bisa kamu coba.

Sebelum mencoba menghilangkan jerawat batu dengan berbagai cara di bawah ini, kamu perlu memperhatikan jenis kulitmu terlebih dahulu. Untuk kamu yang berkulit sensitif, perhatikan juga jenis bahan yang akan kamu gunakan.

Hindari yang mengandung asam seperti cuka apel dan lemon, atau bahan keras seperti bawang putih, agar tidak memicu timbulnya iritasi. Sekarang mari cek 10 cara menghilangkan jerawat batu yang cepat dan aman, lalu jangan lupa disesuikan dengan jenis kulitmu ya.

1. Pakai es batu untuk menenangkan kulit saat jerawat batu meradang

Jika jerawat kamu terlihat begitu merah, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan es batu. Rasa dingin pada es bisa meredakan daerah sekitar jerawat dan mengurangi kandungan minyak pada wajah. Cukup bungkus es batu menggunakan kain agar tidak terlalu dingin. Kemudian kompreskan pada jerawat yang ingin disembuhkan.

Diamkan sebentar kemudia kompres kembali dengan rentang waktu 10 sampai 15 menit. Pastikan jangan terlalu menekan es batu, karena dapat melukai jerawat kamu.

2. Lemon, membantu membunuh bakteri penyebab jerawat batu


Sari lemon mengandung disinfektan alami yang dapat meyembuhkan infeksi di kulit. Asam alami dari perasan lemon dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Sari lemon ini dipercaya dapat menghilangkan jerawat dalam semalam.

Caranya, bersihkan wajah kamu dengan facial wash. Lalu peras lemon dan tambahkan sedikit air agar wajah kamu tidak terasa perih. Oleskan pada jerawat kamu, dan diamkan selama semalam. Bilas wajah kamu keesokan paginya. Untuk yang berkulit sensitif hati-hati untuk menggunakannya.

                       (Obat jerawat ampuh)  You Need Me Acne Care Gel, merupakan obaj jerawat yang ampuh untuk mengatasi masalah jerawat dan bekasnya. Niacinamide, juga Aloe Vera, yang bekerja aktif untuk mengurangi inflamasi pada peradangan jerawat. Juga melawan bakteri penyebab jerawat.

 

Layanan bayar ditempat dan diskon 10%

Kontak dan Pemesanan wa 0856-3181-630

3. Bawang putih, kandungan sulfurnya bisa menyembuhkan jerawat batu

Bawang putih punya kandungan antivirus, anti jamur, antiseptik dan antioksidan yang ampuh mengatasi banyak masalah kesehatan, tidak terkecuali jerawat. Kadar sulfurnya juga bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Untuk merasakan manfaatnya, coba ambil satu siung bawang putih lalu belah dua. Oleskan bagian yang terpotong ke atas jerawat, biarkan lima menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi tiap beberapa jam. Bawang putih bisa jadi cukup keras untuk kamu yang berkulit sensitif, jadi harus berhati-hati ya.

4. Madu, membunuh bakteri sekaligus melembapkan kulit yang berjerawat batu

Madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus melembabkan kulit. Selain itu madu dapat membuka pori-pori yang tersumbat sehingga minyak dan kotoran hilang dari pori-pori. Ingat, untuk selalu menggunakan madu yang alami dan belum diproses karena madu yang sudah diproses telah kehilangan hampir seluruh vitaminnya untuk mengatasi jerawat.

Jadi, pastikan madu yang kamu gunakan asli, ya. Cukup oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan hingga madu kering. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

Selain empat cara tadi, masih ada lima cara lagi yang bisa kamu coba untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

5. Kayu manis, mencegar infeksi pada jerawat batu

Kayu manis memiliki sifat antiseptik yang mampu menghilangkan bakteri dan mencegah infeksi pada jerawat. Namun cara menghilangkan jerawat dengan kayu manis harus dicampur dengan bahan alami lain. Jika hanya memakai kayu manis saja, kulit kamu berpotensi iritasi karena kandungan antiseptik yang terlalu keras.

Kamu bisa menyampurkannya dengan madu. Siapkan setengah sendok teh madu dan berikan sedikit bubuk kayu manis, lalu larutkan hingga warnanya kecokelatan. Oleskan pada wajah kamu dan hindari daerah mata serta bibir. Diamkan selama 20 sampai30 menit, setelah itu bilas dengan air dingin.

6. Kentang, mencegah penyebaran bakteri agar jerawat tak semakin meradang

Kandungan acid dalam kentang bisa membunuh bakteri pada jerawat. Untuk kulit secara keseluruhan, kentang juga bisa jadi eksfoliator yang ringan di kulit.

Cara menggunakannya cukup kupas kentang, lalu iris tipis (kurang lebih 3-5 mm). Tempelkan pada jerawat selama 5-10 menit. Gunakan irisan kentang yang berbeda untuk tiap area untuk mencegah penyebaran bakteri.

7. Timun, meredakan jerawat dan menghaluskan kulit

 

Bisa menyingkirkan racun dan kotoran pada kulit, mentimun sering jadi bahan utama pada produk perawatan kecantikan. Selain jerawat bisa cepat reda, kulit juga bisa seketika jadi lebih halus.

Cara menggunakannya yaitu hancurkan ketimun sampai jadi bentuk pasta, lalu aplikasikan ke atas jerawat atau seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Cuka apel, membantu mengempeskan jerawat dengan cepat

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan band aid, cuka apel, dan gunting. Kamu bisa menggunakan berbagai merek cuka apel, yang terpenting penting cuka apel murni. Pertama, gunting sedikit saja kedua ujung band aid agar tidak terlalu panjang. Kemudian, basahi bagian tengah atau bagian perban band aid dengan cuka apel.

Setelah basah, tempelkan band aid pada jerawat batu yang ingin dikompres. Kompres semalaman atau minimal lima sampai enam jam untuk memastikan jerawat kempes. Cara ini cocok kamu gunakan untuk mengatasi jerawat batu yang tiba-tiba muncul. Tapi kandungan asam pada cuka apel juga bisa jadi kurang cocok bagi kulit sensitif sehingga perlu berhati-hati.

9. Campuran bubuk kunyit dan tea tree oil, minim reaksi alergi

Jika kulitmu mendadak berjerawat, mulai terasa nyeri dan memerah, cegah peradangannya dengan campuran tea tree oil dan bubuk kunyit. Larutkan bubuk kunyit sedikit saja dengan setengah sendok tea tree oil kemudian oleskan pada daerah berjerawat. Diamkan semalaman atau minimal lima jam.

Campuran kedua bahan ini dinilai aman karena tidak menimbulkan reaksi tertentu pada kulit. Kunyit dan tea tree oil efektif untuk membunuh bakteri dan meredakan inflamasi kulit. Kurkumin di dalam kunyit juga berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit.

10. Mengobati dari dalam dengan mengurangi konsumsi gula, minyak dan pedas

Mungkin kesannya “basi” yah, dan sudah sering kamu dengar. Tapi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jerawat batu ini banyak muncul karena pengaruh dari hormon di dalam tubuhmu. Untuk itu, mengobatinya dari dalam bisa jadi jauh lebih efektif daripada mengatasinya dengan obat luar.

Umumnya menjelang menstruasi atau jika kamu sedang stres berat, hormon dalam tubuh akan jadi tidak seimbang yang akhirnya akan memicu muncul banyak jerawat batu yang besar dan sakit, khususnya di area dagu dan rahang. Jika sudah begitu, cobalah untuk mengurangi asupan gula dengan absen dulu mengonsumsi minuman dan makanan manis, juga mengurangi konsumsi tepung atau nasi.

Selain itu kurangi juga asupan minyak dan makanan pedas, lalu perbanyak konsum buah dan sayur. Tidak perlu seperti itu setiap hari, cukup di satu atau dua hari saat kamu merasa jerawat batumu sedang benar-benar atau mulai meradang dan sedang banyak sekali muncul. Memperbaiki asupan makanan seperti yang dijelaskan di atas akan membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada tubuhmu dari dalam. Alhasil, jerawat batumu juga akan lebih cepat kempis dan kering.

Bagaimana, tidak sulit kan mempraktikan cara mengempeskan jerawat batu dengan tips di atas? Dicoba, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *